Ada 3 Dahlan di NU; tapi Taukah anda KH.Muhammad Dahlan?

0
29

#Mengenal KH.Muhammad Dahlan
Sudah taukah anda siapa KH. Mohammad Dahlan?
Mohammad Dahlan dilahirkan di Desa Mandaran Rejo, Kotamadya Pasuran Jawa Timur pada 2 Juni 1909 M/14 Jumadil Ula 1327 H.
Pendidikan: memulai belajar di Pesantren Siwalanpanji, Sidoarjo dan pesantren Tebuiteng Jombang. Di kedua pesantren ini pula ia bertemu dengan KH. Wahid Hasyim dan KH. Masjkur. Masih usia belasan tahun melanjutkan belajarnya ke Makkah.
Pengabdian di NU : Nahdlatul Ulama memiliki tiga tokoh bernama Dahlan, pertama KH. Dahlan Ahyad (surabaya) yang pernah menjabat wakil rois Akbar NU dan salah seorang pendiri MIAI (sekarang MUI), kedua KH. Dahlan Abdul Qhahar (Kertosono)yang pernah mendampingi KH. Wahab Hasbullah dan Syeh Ghanaim Al Misri menghadap Raja Ibnu Saud dalam misi Komite Hijaz, yang ketiga KH Mohammad Dahlan Pasuruan ( yang sedang kita baca biografinya ini).
Perjalanan KH. Mohammad Dahlan dimulai dengan menjadi ketua PC NU Bangil, kemudian ketua PC NU Pasuruan (1935), Tahun 1936 dipercaya menjadi Konsul NU daerah (wilayah) Jawa Timur yang berkedudukan di Pasuruan.
Kiprah Mohammad Dahlan di pentas Nasional diawali tahun 1941 dengan menjadi anggota dewan MIAI yang berkedudukan di surabaya. Ketika Masyumi didirikan (1945) ia menjadi anggota DPP hingga tahun 1952, saat NU memisahkan diri dari partai tersebut. Dahlan juga sempat menjadi anggota KNIP di Yogyakarta pada tahun 1946.
Melalui muktamar ke 20 di surabaya (1945), ia terpilih sebagai Ketua Umum Tanfidziyah PBNU menggantikan KH. Wahid Hasyim. Duduk sebagai anggota konstituante hingga tahun 1959.Sejak 11 Oktober 1967, Dahlan diberi kepercayaan sebagai Menteri Agama dalam Kabinet Pembangunan I hingga tahun 1971. Dahlan adalah pemrakarsa pertama penyelenggaraan MTQ Tingkat Nasonal yang pertamakali di adakan di Ujungpandang, bersama para Tokoh mendirikan yayasan Ihya Ulumuddin (23 Januari 1970) yang setahun kemudian mendirikan Perguruan tinggi Ilmu al quran ( PTIQ).
Selapas menjadi menteri, ia duduk sebagai anggota Dewan Pertimbangan Agung hingga wafatnya. KH. Mohammad Dahlan wafat pada 1 pebruari 1977. Dimakamkan di Taman Pahlawan Kalibata Jakrta.

By.lintang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here