Kyai Agus sunyoto;Jumlah 9 punya nilai kramat

0
39


Lintang.co klaten.
Haul Mbah Lim kamis malam 26 April 2018 yang diselenggarakan cukup meriah dan terhitung unik, kenapa? Tak seperti lazimnya haul ulama’ kebanyakan haul mbah lim di peringati selain dengan semaan alquran dan tahlil ,haul mbah lim dimeriahkan dengan pesta wayang kulit oleh Lesbumi PBNU, seperti dalam sambutan gus zuhri bahwa lesbumi datang tidak di undang tetapi sengaja hadir tabarukan kepada mbah lim.

Datang sendiri pulang sendiri ora disangoni”ungkap putra mbah lim” selain itu juga ada pentas penampilan dari putra almarhum mbah surip yang cukup menghibur pengunjung.

Sebelum pentas wayang kulit KH Agus Sunyoto memberikan beberap petuah penting, kata kyai Agus bahwa indonesia ini khususnya jawa dulu itu dijaga 9 dewa dengan sebutan Nawadewata setelah islam masuk dibawa para wali indonesia dijaga oleh wali sembilan,indonesia identik dengan jumlah sembilan.
Istilah/nama yang jumlah hurufnya sembilan yaitu; nawadewata, wali songo, singosari, majapahit, brawijaya, gajah mada, indonesia dan pancasila kesemuanya jumlah hurufnya 9 jadi ” 9 ” itu mempunyai nilai kramat, demikian ungkap Agus sunyoto penulis buku atlas walisongo.

By.bobby

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here